Mengubah tampilan Linux mint seperti Windows 10

Photo by Kevin Horvat on Unsplash

Linux masih saja stagnan alias jalan ditempat jika melihat perkembangan pengunanya di indonesia. Padahal Distro Linux dikenal sebagai sistem operasi yang tidak hanya ringan tapi juga tangguh baik untuk desktop atau untuk server. Tak hanya itu Distro linux dikenal jarang sekali crash akibat virus atau yang lebih parah semisal blue screen ala Windows hihihi. Salah satu alasan pengguna PC enggan beralih ke Linux adalah hanya satu kata “sulit”. Ya, kata itu memang selalu jadi alasan pengguna PC untuk menggunakan Linux alih-alih menggunakan windows bajakan. Maklumlah, di indonesia khususnya dipendidikan kita dari sejak dini sudah dicekoki dengan sistem operasi besutan microsoft tersebut.

Padahal distro linux tak kalah hebatnya dengan windows. Mau photoshop ? Ada namanya gimp. Mau microsoft office ? Ada wps office atau libre office. Mau belajar 3D ? Ada blender. Apalagi untuk ngoding, Linux jauh lebih unggul dibanding windows. Kalaupun aplikasi yang berjalan di windows tidak ada yang sejenis di Linux, bisa pakai wine untuk menjalankan aplikasi berbasis windows. Bahkan, windows sekarang sudah meniru linux dengan bash shell hehehe.

Nah, inti dari tulisan ini sebenarnya adalah bisa nggak sih Linux tampilannya seperti windows ?. Tentu saja bisa banget ! Walaupun distro-distro linux sudah menyediakan beberapa tampilan untuk desktop yaitu GNOME, KDE, Cinnamon, Xcfe dll. Nah kan, nikmat mana yang kamu dustakan.

Okelah, tanpa banyak basa-basi lagi alias curcol dari saya, langsung saja ke langkah-langkah memanipulasi tampilan distro Linux seperti windows 10. Saya disini menggunakan Linux mint sebagai sistem operasi. Ada dua alasan mengapa menggunakan Linux mint. Pertama, Linux mint mudah digunakan. Kedua, yang pakai Linux mint penggunanya banyak, artinya kalau ada kesulitan tinggal nanya ke forum-forum baik di situs resmi Linux mint atau di sosial media.

eh bentar dulu, kalau ada yang bertanya “gimana cara nginstal linux mint ?”

nah untuk urusan install Linux Mint googling aja yah, tutorialnya bejibun kok. Intinya cuman siapin iso linux mint bisa download disini dan siapkan flashdisk buat media bootingnya minimal 4 GB. Kalau bahannya udah ada tinggal download aplikasi buat bikin flashdisk jadi media bootable, bisa pakai rufus atau kalau dilinux bisa pakai pendrive. Nah kalau udah ready semua siap deh buat install Linux mint.

Merubah tampilan seperti Windows 10

  1. Unduh dulu bahannya di https://codeload.github.com/B00merang-Project/Windows-10/zip/master dan https://github.com/B00merang-Project/Windows-10-Icons/archive/master.zip
  2. Kalau sudah diunduh silahkan ekstrak masing-masing filenya, kemudian klik kanan buka terminal ketik sudo mv windows-10-master /usr/share/themes dan sudo mv windows-10-Icons-master /usr/share/icons
  3. Buka tema klik tambah/hapus tema desktop pilih Windows-10-master
  4. Untuk tema sudah selesai. kembali ke tema pada bagian batas jendela, ikon dan kontrol pilih semuanya pada windows 10

 

Mudah bukan ?, nah sekarang mau alasan apalagi buat nggak pindah ke Linux 😀

Post Author: dekikurnia