Aktivitas bermanfaat selama di rumah saat wabah corona

Photo by CDC on Unsplash

Beberapa pekan terakhir aktivitas di indonesia menjadi lesu khususnya wilayah akibat terdampak corona. Virus yang berasal dari negeri tirai bambu ini memang menjadi wabah yang cukup mengkhawatirkan. Bukan saja di Indonesia tapi di seluruh dunia.

Pada akhirnya pemerintah indonesia baik pusat maupun daerah sepakat untuk mengurangi aktivitas di luar. Beberapa daerah terdampak corona misalnya DKI Jakarta dan beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah meliburkan sekolah, meliburkan ASN dan menghimbau swasta untuk mengurangi jam kerja.

Social Distancing atau bahasa sederhananya jaga jarak adalah kunci untuk mengurangi penyeberan virus bernama resmi SARS-COV2 ini. Pemerintah menghimbau untuk tetap di rumah bagi mereka yang diliburkan dan untuk yang terpaksa ke luar rumah seperti bekerja disarankan untuk menjaga kebersihan dengan sering-sering mencuci tangan.

Untuk itulah penulis rangkum beberapa kegiatan bermanfaat yang mungkin bisa menjadi referensi selama beraktivitas di rumah :

1. Belajar melalui media daring

Selama libur sekolah, kegiatan pembelajaran dialihkan dari tatap muka menjadi via daring. Guru bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti edmodo, moodle, google classroom. Penulis sendiri menggunakan moodle untuk melakukan kegiatan pembelajaran daring dengan memberikan materi dan kuis.

2. Bersih-bersih rumah

Sambil menyelam minum air. Ya, bersih-bersih rumah juga bermanfaat bagi tubuh karena tubuh bergerak. Sekedar membersihkan lemari, rak bahkan dapur adalah kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah. Rapikan juga barang-barang tak terpakai, siapa tahu bisa dijual kan ?

3. Baca buku

Mendukung program pemerintah yaitu #GerakanLiterasi dengan membaca buku minimal 30 menit sehari mempunyai segudang manfaat. Membaca buku bergenre apapun punya manfaat dan dapat menambah wawasan seperti menambah perbendaharaan kata dan mengasah kemampuan berpikir.

Baca juga  Bima dan Dewa Ruci, kepatuhan murid terhadap gurunya

4. Olahraga

Agar badan tetap fit, tidak gampang sakit dan tetap semangat, anda bisa olahraga di rumah. Luangkan waktu 15-30 menit setiap hari dengan gerakan-gerakan ringan seperti push up, sit up dan squat agar tidak semakin banyak lemak yang tertumpuk di badan selama libur.

5. Menonton film

Bagi kebanyakan orang, menonton film adalah kegiatan yang mengasyikan apalagi ditambah dengan cemihan sambil rebahan di kasur. Agar lebih bermanfaat, penulis menyarankan untuk menonton film bergenre misteri atau thriller yang mengasah otak. Tapi harus diingat yah, jangan berlama-lama nonton filmnya, cukup 1 film saja setiap hari.

6. Membuat kerajinan

Kita bisa mengasah bakat dan kreatifitas dengan membuat kerajinan. Cari barang-barang tak terpakai lalu cobalah untuk menyulapnya menjadi benda bermanfaat. Seperti bekas botol plastik diubah menjadi tempat pensil.

7. Membuat aneka kudapan

Kalau punya persediaan bahan makanan atau minuman, bisa mencoba dengan membuat aneka kudapan. Entah itu kudapan kesukaan atau mencoba resep-resep baru.

8. Bersih-bersih hewan peliharaan

Bagi kamu yang punya hewan peliharaan seperti kucing, anjing, ayam dan burung bisa anda manfaatkan dengan membersihkan kandang atau memandikan peliharaan.

9. Tidur siang

Siapa yang tidak suka tidur ? pasti semua orang suka tidur. Tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Anda cukup tidur siang 30 menit atau maksimal 1 jam untuk menjaga tubuh dan mengistirahatkan otak.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa menjadi referensi saat berdiam diri di rumah. Intinya hindari malas-malasan supaya otak dan tubuh kita tetap sehat dan semangat. Tetap menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan tetap patuhi himbauan pemerintah bagi yang libur agar tetap di rumah.

Baca juga  Bukan negara hukum tapi negara etika

 

 

Post Author: dekikurnia

Suka menulis, main gitar dan baca buku